Yogyakarta, 6 Juli 2015. BNI
secara resmi membuka pelayanan Kantor Kas Palagan Yogyakarta, beralamat di Jl.
Palagan Tentara Pelajar KM 7.2 Sleman Yogyakarta, selang sehari setelah
peringatan Hari Ulang Tahun BNI ke 69 yang jatuh pada tanggal 5 Juli 2015.
Sebagaimana diketahui bahwa BNI
merupakan bank pertama milik pribumi yang dimilki Bangsa dan Negara Indonesia.
BNI didirikan pada tanggal 5 Juli 1946, beberapa bulan setelah proklamasi
kemerdekaan dikumandangkan oleh Proklamator Sukarno-Hatta pada tanggal 17
Agustus 1945. Keputusan untuk mendirikan Bank Negara Indonesia diambil pada
sidang pertama Dewan Menteri Republik Indonesia yang dipimpin secara langsung
oleh Presiden Sukarno pada tanggal 19 September 1945. Pada saat itulah BNI
mulai beroperasi melayani negeri dengan semangat kejuangan untuk mensejajarkan
diri dengan bangsa-bangsa lain.
BNI Kantor Kas Palagan
dibuka secara resmi dengan simbolis pemotongan untaian bunga Melati oleh Bupati
Sleman Sri Purnomo, dihadiri oleh CEO BNI Wilayah Semarang Tambok P Setyowati,
segenap Jajaran Muspida Sleman, Muspika Ngaglik, Pimpinan BNI beserta Staff
Karyawan, Tokoh Masyarakat dan warga sekitar. Simbol bunga Melati merupakan
harapan agar dimasa yang akan datang BNI selalu mampu memberikan pengabdian dan
pelayanan terbaik, sehingga nama BNI akan semakin harum di tengah masyarakat.
CEO BNI Kantor Wilayah
Semarang Tambok P Setyowati pada sesi temu wawancara dengan media menyatakan
bahwa BNI sangat berterimakasih kepada pemerintah dan masyarakat pada umumnya
karena diusianya yang ke 69 masih diberi kesempatan untuk melayani negeri ini.
Oleh sebab itu BNI bertekad untuk senantiasa mengabdi dan menjadi kebanggan
Bangsa dan Negara Indonesia dengan cara
memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya.
“Dengan dibukanya BNI Kantor
Kas Palagan ini diharapkan BNI sebagai bank umum nasional yang terlahir sebagai
anak Negeri, akan semakin dekat dalam pengabdian melayani kebutuhan masyarakat
di Daerah Istimewa Yogyakarta pada umumnya dan masyarakat Sleman pada khususnya
.” Papar Tambok P Setyowati.
Pada
kesempatan ini pula Pemimpin KCU UGM Arianto Muditomo menyampaikan
kegembiraannya kepada media, karena peresmian Kantor Kas Palagan bersamaan
dengan peringatan Hari Ulang Tahun BNI ke 69. Disampaikan pula bahwa dengan diresmikannya BNI Kantor Kas Palagan ini,
maka saat ini BNI KCU UGM memiliki 14 outlet layanan yang terdiri dari 1 (satu)
Kantor Cabang Utama UGM, 11 (sebelas) Kantor Layanan (KLN) yakni KLN UST, KLN
Sleman, KLN Godean, KLN Wates, KLN Pascasarjana, KLN Kolombo, KLN UNY,KLN UPN, KLN Diponegoro,
KLN Bulaksumur, KLN UKDW, dan 2 (dua) Kantor Kas (KK) yakni KK Kalasan dan KK
Palagan. Dari keseluruhan kantor tersebut sebanyak 11 (sebelas) kantor
didirikan untuk melayani kebutuhan layanan keuangan masyarakat di wilayah
kabupaten Sleman.
Ditinjau dari sisi bisnis, potensi di kabupaten
Sleman masih cukup luas. Dihitung berdasarkan
laporan yang dirilis oleh Bank Indonesia, dari market share yang ada di wilayah kabupaten Sleman, saat ini BNI KCU
UGM mampu menghinpun dana masyarakat sekitar 11% dari
total dana yang ada di kabupaten Sleman.
Potensi
bisnis dari area Turi melalui sepanjang Jalan Palagan Tentara Pelajar sampai
dengan titik nol kota Yogya adalah sangat menjanjikan. Di sepanjang jalur
tersebut telah banyak didirikan hotel, perkantoran, rumah makan dan toko retail lainnya. Dengan dibukanya BNI
KK Palagan, maka BNI bersama dengan 5 Bank Umum, 10 BPR, 5 BUKP, 3 Pegadaian
dan 185 Koperasi akan bersama-sama melayani kebutuhan layanan keuangan
masyarakat di sepanjang jalur tersebut dengan lebih baik.
Setelah
5 Juli 69 tahun yang lalu BNI didirikan sebagai bank anak kandung bangsa yang
seutuhnya milik Indonesia dan 53 tahun yang lalu Presiden Sukarno menetapkan
tanggal 5 Juli sebagai Hari Bank, maka pada peringatan hari ulang tahun BNI ke
69 ini BNI mempersembahkan BNI KK Palagan kepada masyarakat Indonesia sebagai
perwujudan komitmen BNI untuk selalu Berprestasi dan Berbagi untuk Negeri.
Mengenai BNI
Di
didirikan pada tanggal 5 Juli 1946, BNI merupakan salah satu bank terbesar di
Indonesia, memiliki 1.841 Outlet cabang dan sentra kredit yang tersebar di
seluruh Indonesia, dan 6 kantor cabang luar negeri (Singapura, Hong Kong,
Tokyo, Osaka, New York dan London), serta perwakilan di beberapa negara di
Timur Tengah dan Asia Tenggara.
Untuk jaringan elektronik, per tahun 2014 BNI memiliki 11.221 ATM
ditambah 28.000 ATM LINK dan 39.000 ATM Bersama, serta fasilitas phonebanking 24 jam BNI Call
500046 atau melalui ponsel (021) 500046 dan 68888, serta SMS Banking dan BNI
Internet Banking www.bni.co.id untuk kebutuhan transaksi perbankan dengan ratusan fitur transaksi.
Bagi
nasabah institusi bisnis, BNI memberikan layanan cash management secara online;
trade finance, perdagangan
internasional (ekspor/impor) dan remittance/pengiriman
uang yang didukung oleh jaringan cabang luar negeri dan ±1.500 bank koresponden
di seluruh dunia. Saham BNI tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode
BBNI sejak tahun 1996.
Beberapa
Penghargaan BNI 2014
• BNI dinobatkan sebagai The Best pada kategory Walk
in Chanel oleh Lembaga Marketing Research Indonesia (MRI) tahun 2014
• Sebagai Bank Presepsi Terbaik dalam Modul
Penerimaan Negara 2014
• Sebagai Bank Terbaik dalam layanan pengiriman
uang (remittance) terbaik 2014
• Sebagai Bank Perintis Layanan ATM Sepeda Motor
2014.
• BNI Call 500046
berhasil meraih 2 medali emas untuk kategori Best Analys Contact Center dan Best
Contact Center Support – HR, medali perak untuk Best Customer Service in Mid - Size
Inhouse dan Medali Perunggu untuk Best
Help Desk.
• Meraih 2 medali emas untuk katagori Best Analys
Contact Center dan Best Contact Center Support – HR serta medali perak untuk
Best Customer Service in Mid- Size Inhouse dan Medali Perunggu untuk Best Help
Desk dalam ajang Contact Center World tingkat dunia yang diselengarakan di Las
Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10-15 November 2014.
• The Most Reliable Bank untuk kategori bank
Konvensional dengan aset diatas Rp 100 triliun dari Tempo Group dan Indonesia
Banking School (IBS), Jakarta, 17 Oktober 2014.
• Peringkat Atas Annual Report Award (ARA) 2014
bagi BNI sebagai BUMN Keuangan Listed dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI
untuk kategori Dana Pensiun, Jakarta, 16 Oktober 2014.
• The Best Local Cash Management Bank in Indonesia,
The Best Local Cash Management Bank in
Indonesia, The Best Overall Domestic Cash Management Service menurut
polling, dan The Best Overall Cross Border Management Service dari
Majalah Asia Money di Hong Kong, Kamis (25 September 2014).
• Gold Achievement OpexCon Award dalam acara Awarding Ceremony Best Project:
Indonesia Best Continuous Improvement Project 2014 di Jakarta, Senin
(19 September 2014).
• The Global 2000, The Worlds Largest Public
Companies 2014 dari Majalah Forbes, Jakarta, Selasa (19 Agustus 2014).
• Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) dari
Indonesia MAKE Study 2014, Jakarta, Rabu (16/7/2014).
• Emiten Terbaik Sektor Keuangan Bank Badan Usaha
Milik Negara (BUMN) dari Busnis Indonesia Award 2014, Jakarta, 24 Juni 2014.
• Tujuh penghargaan bergengsi dari 8 kategori
kompetisi Contact Center World se-Asia Pacific di Singapura bagi
BNI Contact Center Contact, 2-6 Juni 2014, 4 diantarnya memperoleh
Peringkat Gold, yaitu Best Analyst, Best Contact Center
Support Professional HR, Best Help Desk, dan Best in Costumer Service.
• The Best Trade Finance Bank in Indonesia & The Leading
Counterparty Bank in Indonesia dari The Asian Banker Transaction Banking Awards
tahun 2013 dan 2014, Kuala Lumpur, 21 Mei 2014.
• Memperoleh Sertifikat Akreditasi A atau ISTIMEWA
dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta, 5 Mei 2014. BNI menjadi
bank pertama yang mendapatkan akreditasi tersebut.
• Best Cash Management Bank for Indonesia dalam
Asia-Pacific Country Transaction Bank Awards dari The Corporate Treasurer 2013,
Singapura, 2 April 2014.
• Indonesia Best Overall Corporate Governance,
Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, Indonesia Best for Shareholder's
Right and Equitable Treatment, serta Indonesia Best for Responsibilities and
Ethical Behaviour of Management and The Board of Director dari majalah
Asiamoney Hongkong, 27 Februari 2014.
• Gatot M. Suwondo CEO PT Bank Negara
Indonesia (Persero) Tbk untuk kategori Most Inspirational CEO BUMN dari Mens
Obsession Awards 2014 di Jakarta, 14 Februari 2014.
• The Best Remittances Provider of the Year in
Southeast Asia lima tahun berturut-turut dan Best Cash Management Solution of
The Year in Southeast Asia tiga tahun berturut-turut dari Alpha Southeast
Asia Magazine, di Kualalumpur, 23 Januari 2014.
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi
:
Divisi
Komunikasi Perusahaan BNI
Telp:
021-5728387, Email : bni@bni.co.id
Ditulis
oleh: Suprapto BNI KCU UGM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Setiap komentar hendaknya bernilai positif, memperhatikan etika dan tidak menyinggung SARA. Terimakasih.